Diploma III (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan


Kepercayaan masyarakat terhadap Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi dilihat dari minat masyarakat untuk menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi. Berangkat dari pertimbangan tersebut, sejak tahun 1999 Pimpinan Fakultas beserta Rektor Universitas Pakuan dan Pimpinan Yayasan Pakuan Siliwangi sebagai lembaga yang menyantuni pendidikan merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa melalui penyediaan Program Pendidikan Tinggi yang menyediakan lulusan yang siap menghadapi tantangan untuk siap kerja saat ini dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Program tersebut adalah Program Diploma III. Program ini hingga saat sekarang memiliki 3 (tiga) Program Studi, yaitu :

1. Program Studi Akuntansi

Berawal dari meningkatnya permintaan pasar terhadap tenaga kerja terdidik dan terampil di bidang akuntansi, sejak tahun akademik 1999 inilah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan merintis dan akhirnya tahun 2000/2001 menyelenggarakan program pendidikan profesional Program Studi Akuntansi dan Manajemen Perpajakan. Penyelenggaraan kedua program tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan telah memperoleh pengesahan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 88/DIKTI/Kep/2001 tanggal 5 April 2001 tentang Pemberian Status “Terdaftar” kepada dua program studi untuk jenjang pendidikan Program Diploma III di lingkungan Universitas Pakuan Bogor. Seiring dengan perjalanannya, pada bulan Januari 2005, Program Studi Akuntansi Program Diploma III telah memperoleh Status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/I/2005 tanggal 28 Januari 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi.

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Akuntansi pada Program Diploma III adalah menghasilkan lulusan dengan sebutan ahli madya yang memahami dan memiliki pengetahuan cukup di bidang akuntansi dan bidang-bidang lain yang mendukung bidang akuntansi dan mampu mempraktikkan pengetahuan tersebut dalam mendukung kelancaran kegiatan organisasi. Untuk memperoleh sebutan ahli madya, mahasiswa harus menyelesaikan 120 SKS.

Penyelenggaraan akademik pada Program Studi Akuntansi Diploma III didukung oleh tenaga edukatif yang berkualifikasi strata satu dan strata dua. Sesuai dengan tujuan pendidikannya, sebagian dari tenaga edukatif tersebut juga merupakan praktisi di berbagai bidang yang relevan, seperti akuntan dan ahli perpajakan. Dalam rangka peningkatan kompetensi bagi para lulusan Program Diploma III juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium khusus di bidang akuntansi, diantaranya :
- Pelatihan Bahasa Inggris Pakuan Economik English Club (PEEC)
- Pengenalan Dasar Komputer Program Linux
- Pelatihan Komputerisasi Akuntansi Accounting World Wide (AWW)
- Pelatihan Komputerisasi Akuntansi MYOB.


2. Program Studi Manajemen Perpajakan

Sebagai tanggapan dari semakin diperlukannya tenaga terampil di bidang perpajakan, maka Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan membuka program Diploma III Manajemen Perpajakan. Kebutuhan tenaga terampil ini akan terus bertambah, mengingat semakin pentingnya penerimaan pajak bagi negara. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan ketersediaan tenaga yang terampil dalam perpajakan baik di sektor pemerintahan maupun swasta.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mempunyai kinerja, disiplin dan produktivitas tinggi serta memenuhi permintaan dunia usaha di bidang perpajakan saat ini yang sangat membutuhkan terhadap lulusan Diploma III lebih banyak untuk menjadi tenaga kerja siap pakai. Sejalan dengan UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 16 ayat 15 dan PP No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi pasal 57 ayat 1, maka Fakultas Ekonomi juga mendirikan Program Diploma III Program Studi Manajemen Perpajakan dengan status “Terdaftar” berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Naisonal Republik Indonesia Nomor 88/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 5 April 2001.

Dengan upaya yang maksimal dan dalam rangka perbaikan kinerja program studi, pada bulan Januari 2005, Program Studi Manajemen Perpajakan telah mendapatkan status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departmen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/I/2005 tanggal 28 Januari 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi.

Dalam rangka peningkatan kompetensi bagi para lulusan, Program Studi Manajemen Perpajakan, juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium khusus di bidang Perpajakan, diantaranya :
- Pelatihan Bahasa Inggris Pakuan Economik English Club (PEEC)
- Pengenalan Dasar Komputer Program Linux
- Pelatihan Software Pajak Tax Easy
- Pelatihan Brevet Pajak A dan B


3. Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan

Dalam rangka mengemban misi Universitas dan Fakultas dan dengan berkembangnya dunia perbankan saat ini, maka Fakultas Ekonomi memberikan respon dengan membuka program studi yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang keuangan dan perbankan. Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan mulai berjalan pada tahun 2006 sesuai dengan Surat Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 3066/D/T/2006, tanggal 23 Agustus 2006, tentang Ijin

Penyelenggaraan Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan (DIII) pada Universitas Pakuan.
Jumlah SKS yang ditawarkan kepada mahasiswa Program Studi DIII Manajemen Keuangan dan Perbankan berdasarkan kurikulum sebelumnya sebanyak 120 SKS. Sedangkan berdasarkan kurikulum 2009, jumlah SKS yang ditawarkan kepada mahasiswa sebanyak 115 SKS.